Wednesday, September 8, 2010

day #2 : the big bang theory and the creation theory

What a beautiful day to start and to learn new stuff.
I start the day a bit late today, bangun nya siang, dan kemudian pergi makan bersama keluarga di restoran bakmi favorit kami semua, yang kemudian saya lanjut pergi untuk menjaga pameran saya di Grand Indonesia.

Hari ini adalah hari terakhir pameran saya, karena esoknya sudah Lebaran dan sebagian besar karya dimasukan lagi kedalam dus. Dan sebagian lagi akan menjadi permanent di toko Plastic Culture sampai dikirim ke Los Angeles dan Singapura.

Hari ini juga disaat pameran, saya berjumpa banyak orang yang mengapresiasi karya, dari yang cuma mangut-mangut melihat saya menggambar, sampe ada yang request aneh-aneh. Dari ibu-ibu asal Prancis yang membeli custom toys, sampai yang pengen minta karton putih.

Setelah menjaga pameran, saya pergi kerumah teman untuk makan-makan bersama sambil cerita-cerita santai. Di tengah-tengah pembicaraan seru, muncullah topik The Big Bang Theory dan Creation Theory.

TBBT : awalnya saya mereferensi sitcom favorit saya, namun ditanggapi dengan pembicaraan bahwa sekarang teori penciptaan sudah tidak populer dimana-mana.

Menurut saya wajar, karena teori penciptaan tidak mudah dibuktikan secara ilmiah, sedangkan Big Bang Theory dicoba dilandaskan pada ledakan besar, lalu muncul mahluk hidup yang dimulai dari mahluk bersel satu, menjadi mahluk-mahluk dengan sel kompleks.

Perdebatan panjang ini belum pernah ditemukan pemenangnya, karena masing-masing memiliki dasar-dasar yang kuat.

Dan menurut saya, tidak ada masalah siapa yang benar dan salah, karena jika dipikir-pikir TBBT bisa aja disebut bagian dari teori penciptaan.
Karena Tuhan menciptakan mahluk hidup dari tanah, dan tidak disebutkan prosesnya secara detil, bisa saja Tuhan menciptakan mahluk hidup dengan cara berevolusi seperti teori Darwin.

Dan teori evolusi saya rasa tidak ada penjelasan mengenai jiwa dan roh tercipta darimana.

Tapi ini hanya pendapat saya saja, yang tidak pernah membaca buku mengenai teori-teori tersebut secara detail, karena menurut kawan saya didalam buku teori evolusi Darwin, terdapat teori-teori dan pandangan yang menginspirasi Hitler melakukan genocide.

Dan apapun yang terjadi, saya harap Tuhan masih mencintai saya, dengan memberikan hari-hari penuh syukur. :)

btw,,, The Big Bang Theory itu sitcom terbaik era twitter ini.

No comments:

Post a Comment